Kamis, 21 Februari 2013

Rem ABS


Electronically Controlled Combined ABS adalah  sistem pengereman yang dikontrol secara elektronik pada motor supersport pertama di dunia. Semua level pengendara dapat merasakan sensasi kinerja baru pengereman canggih pada sepeda motor besar hanya dengan menerapkan rem secara normal dan biasa. Sistem ini dirancang untuk secara elektronik mendistribusikan kekuatan pengereman roda depan dan belakang untuk memfasilitasi  pengereman yang halus (smooth) tanpa terjadi roda yg terkunci (wheel lock).

Pada rem ABS konvensional, perlu untuk memasang banyak part pada suspensi rem, sehingga meningkatkan berat secara signifikan.DenganElectronically Controlled Combined ABS, bagian rem yang dipasang hanya sensor pada suspensi. Sistem selebihnya tertata rapi di tengah bodi. Berkat tata letak yang sederhana, Electronically Controlled Combined ABS  ideal untuk kinerja motor  super sport.

Combined ABS dilengkapi dengan tiga pot kaliper di depan, sensor kecepatan pada depan / belakang  yang mendeteksi kondisi kendaraan, dan sebuah modulator ABS dengan built-in ECU (prosesor).  ECU memproses informasi dari sensor kecepatan roda dan mengontrol  besarnya tekanan hidrolik untuk caliper. Kinerja pengereman  yang mantap dicapai sejalan dengan manuver dengan menempatkan part  seperti ABS modulator dekat pusat gravitasi bodi  kendaraan.


Combined ABS ini adalah sistem rem asli  Honda  di mana bagian depan / rem roda belakang saling menghasilkan kekuatan pengereman ideal yang didistribusikan antara roda depan dan belakang, dan perlambatan (deselerasi) yang tinggi dicapai saat rem kaki diterapkan, tetapi sistem ini mengasumsikan  rem tangan diterapkan (pada roda depan), sehingga memungkinkan rem depan berfungsi secara independen.
Selain itu, sistem rem anti-lock (ABS) membatasi gerakan badan kendaraan yang tak terduga karena  roda yang terkunci dan melepaskan pengendara  dari ketegangan yang berlebihan bahkan saat pengereman mendadak atau dalam kondisi permukaan jalan licin seperti hujan. Jadi, secara pasti gaya pengereman dapat di operasikan normal dan aman.
Kelebihan Electronically Controlled Combined ABS :
- Mengurangi jarak pengereman yang berbeda-beda
- Feeling pengereman yang natural dan minim vibrasi
- Memungkinkan aplikasi ABS pada rem belakang saja
- Distribusi kekuatan pengereman yang bergantung pada input      pengendara
- Penataan layout yang lebih optimal, tidak mengganggu kinerja suspensi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar